halo-halo, lama nggak posting ya, kali ini saya ingin mereview singkat lensa Samyang 8mm f/2.8 UMC, lensa Native E-mount (Sony NEX E mount). cerita berawal dari kegalauan saya dalam mencari lensa fisheye untuk sony nex, awalnya pengen cari samyang 8mm f/3.5 nikon mount, tapi setelah dipikir-pikir kok lensanya besar sekali, apalagi ditambah adapter sony NEX to nikon F yang tebal, malah menghilangkan kesan ringkas dari sony NEX sendiri.hahaha. cari-cari ternyata samyang ngeluarin 8mm f/2.8, harganya 3,7~4 juta tergantung penjual. cari-cari lagi eh dapet yang seken, lumayan harganya murah, bisa sedikit berhemat daripada beli baru. ok daripada oot terus, kita langsung masuk ke review ya.

Kualitas fisik dan handling
lensa ini cukup solid, walau terbuat dari plastik, kecil ringkas ketika di pasang pada body sony NEX 6. lensa ini adalah lensa manual, artinya tidak ada komponen elektronik sedikitpun di lensa ini, fokus dan pengaturan diafragma dilakukan secara manual ya, ring fokus sangat enak digunakan,putaran mulus sekali. Masalah umum bagi pemula dalam menggunakan lensa manual adalah miss fokus,hahaha eits jangan takut karena ini lensa fisheye 8mm maka dof yang dihasilkan sangat luas jadi kemungkinan untuk miss fokus sedikit sekali,hahaha

Kualitas Optik dan gambar
mengejutkan, Lensa ini tajam sekali, bahkan dibukaan f/2.8, lihat contoh hasil  di akhir review.

Kesimpulan
saya merekomendasikan lensa ini bagi yang ingin  mebuat gambar dengan perspektif unik, Price performance, apalagi kalo bisa dapat yang seken dengan harga murah meriah. dijaming nggak bakal nyesel.

alternatif
bisa menggunakan Samyang 8mm f/3.5 dengan harga lebih murah (seken sekitar 2,5-2,7 juta), secara fisik versi f/3.5 sedikit lebih besar, namun hasil hampir sama. tentu dengan adapter (bagi pengguna sony nex tentu tidak perlu khawatir masalah adapter, dari A~Z lengkap,hahaha)


Spesifikasi :
ManufacturerSamyang Optics
ModelSamyang 8mm f/2.8 UMC Fisheye
Lens typefull frame diagonal fisheye (for Sony NEX, Samsung NX and Fujifilm X)
Focal length8mm (12mm 35mm Eqv.)
Maximum aperturef/2.8
Min aperturef/22
Angle of view180 degrees on 1.5x crop APS-C
Min focusing distance0.3m
No. of diaphragm blades6
Focus typeMF (Manual Focus only)
Lens construction10 elements / 8 Groups (1 Aspherical, 2 ED)
Dimensions60mm x 55.8mm (Sony E Mount) x 48.3mm (Samsung NX)
Weight217g (Sony), 203g (Samsung NX)
Available mountsSony E-mount (NEX), Samsung NX, Fujifilm X


sample shoot:



Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

1 comments:

vicky

gan dijual ga lensa fisheye samyang buat sony nex nya yg 8mm ?

Posting Komentar