tips memilih tripod yang bagus


Mungkin ada beberapa teman yang bingung dalam memilih tripod, ambil yang menggunakan ballhead atau pan head, disini saya akan membahas apa sih kekurangan dan kelebihan dari keduanya serta cara memilih tripod yang baik.seperti biasa secara singkat dan mudah-mudahan bisa dimengerti.


Ballhead vs Panhead


Ballhead :



ballhead,sesuai namanya  menawakan fleksibilitas tingkat tinggi (beh bahasanya,haha), tentu saja, kita dapat mengatur angle/sudut dari kamera karena head/kepala dari tripod itu berbentuk bola. kita bisa mengambil gambar dari sudut yang tidak biasa.  Lebih cocok untuk mengambil gambar daripada video.




Panhead:



Biasanya digunakan untuk video, kenapa demikian? karena terdapat handle/pegangan untuk panning ke atas/bawah maupun samping kiri/kanan, selain itu panhead juga memberikan gerakan presisi, hal ini mempermudah seorang videographer/cinematographer untuk menggerakkan kameranya misal untuk panning atas/bawah atau samping kiri/kanan. 


lalu apakah ballhead tidak bisa digunakan untuk video dan panhead tidak bisa digunkana untuk foto? tentu bisa, namun tentu setiap barang diciptakan dengan fungsi masing-masing untuk mempermudah suatu pekerjaan bukan?


Memilih tripod yang baik 

tripod sangat penting dalam fotografi (menurut saya), lalu bagaimana cara memilih tripod yang baik?


Muatan/Max Load :

    Maksdunya adalah beban maksimal dari suatu tripod, kalau anda berencana serius dalam fotografi mungkin ada harus mempertimbangkan untuk mengambil tripod dengan beban muatan yang besar, siapa tau eh ada rezeki ngambil 600mm fix,hahaha jadi butuh tripod dengan head yang kuat bukan?

Bahan/Material:

    Banyak kita temui tripod dengan bahan besi ,aluminium dan karbon, kalo bisa ambillah yang karbon ,  selain karena lebih ringan juga tahan karat, terutama bagi landscaper yang biasa motret basah-basahan. alternatif lain adalah aluminium, kuat + ringan  dan tahan karat.

Budget/Dana :

    Ingat suatu hal, 'tidak ada barang murah yang bagus, tidak ada barang bagus yang murah'. sediakan budget yang cukup, sayangi kamera anda, dulu saya pernah punya tripod yang lumayan, walau nggak premium-premium amat, yaitu sirui T-005(udah dijual karena butuh uang,hahaha), bentuknya kecil, bahannya full aluminium, kuat dan ringkas. harganya cukup tinggi namun saya tidak menyesal mengambilnya karena memang kualitasnya yang bagus. lalu apakah tripod yang bagus selalu mahal? bisa iya bisa nggak, tergantung mahal itu seberapa menurut anda, ada beberapa tripod dengan harga cukup lumayan (menurut saya) yang oke, ambil contoh tripod excell Ufo series, tripod ini cukup bagus, build qualitynya cukup oke walau nggak oke-oke banget, fungsi Split sangat berguna untuk mengambil gambar low angle, kita bisa memilih antara panhead dengan ballhead, untuk harga masih rasional.


Extra's :Carilah tripod yang kaki-kakinya bisa split, hal ini berguna sekali jika kita akan mengambil gambar dari low angle


"Sekarang tinggal anda memilih yang sesuai kebutuhan, kalo ada dana lebih silahkan ambil tripod yang bagus sekalian, nggak mau kan kejadian kamera ancur gara-gara pake tripod abal-abal?"

terimakasih sudah membaca.



sumber gambar : http://photonaturalist.net









Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 comments:

Posting Komentar