Kali ini kita akan membahas tentang mode dial, mungkin sepele bagi sebagian orang tapi menurut saya ini penting untuk diketahui, mode dial apa yang harus digunakan dan kapan saatnya. harus selalu di M [manual] kah? ada yang bilang "Buat apa beli DSLR kalo tidak pakai mode Manual" atau "Pro selalu menggunakan mode manual" apa benar demikian? yuk kita bahas .


kita bahas satu persatu dulu ya apa itu P,A,S,M pada kamera, otomatis artinya kamera yang mengatur, manual artinya user yang mengatur :
  • P [Program auto]: 
    • Aperture : Otomatis
    • Shutter speed : Otomatis
      • ISO setting : Manual
      • Exposure Compensation: Manual
  • A [Aperture priority]:
    • Aperture : Manual
    • Shutter speed : Otomatis
      • ISO setting : Manual
      • Exposure Compensation: Manual
  • S [Shutter priority]:
    • Aperture : Otomatis
    • Shutter speed : Manual
    • ISO setting : Manual
    • Exposure Compensation: Manual
  • M [manual]
    • Aperture : Manual
    • Shutter speed : Manual
      • ISO setting : Manual
      • Exposure Compensation: Manual
sudah cukup mengerti kan tentang mode dial? sebelum anda bisa memilih mode mana yang pas, ada baiknya [harusnya] mengerti dulu tentang eksposur, bisa dibaca di artikel saya >> memahami segitiga eksposur kenapa demikian? ya karena kita harus mengerti fungsi dan efek dari Shutterspeed, aperture dan ISO.


Mode manual penting atau tidak?

jelas penting, apalagi untuk yang baru belajar, karena pada mode inilah kita diberikan kebebasan untuk menentukan semua settingan. tapi jangan paksakan terus menggunakan mode manual ya, kelamaan menentukan settingan bisa membuat anda kehilangan suatu momen berharga, ini saya alami sendiri ketika baru pertama kali menggunakan kamera DSLR, karena kelamaan menentukan setting yang pas, banyak moment yang hilang.

Mode mana yang harus saya gunakan?

lalu mode mana yang harus saya gunakan? kalo bertanya demikian, saya tanya balik, sudah mengerti tentang segitiga eksposur belum? jika sudah anda bisa memilih semua mode yang ada. contoh :

oh saya ingin bermain di shutterspeed nih, entah itu freezing atau slowspeed, gunakanlah mode Shutter priority, tentukan shutter speed yang diinginkan lalu jepretlah, banyak berguna jika anda sedang hunting dijalan dan  mengejar suatu moment, karena suatu moment tidak bisa terulang 2 kali seumur hidup walaupun direkonstruksi, hasilnya pasti beda.

oh saya ingin bermain DoF (Depth of Field)/ ruang tajam nih, putar mode dial anda ke Aperture priority, tentukan bukaan diafragma yang diinginkan lalu potret. 

oh saya ingin kombinasi antara shutterspeed dan aperture, putarlah mode dial anda ke manual, settinglah aperture dan shutterspeednya.

oh saya tidak punya waktu untuk mengatur settingan kamera, putar ke Program auto dan jepretlah.

Gimana? udah cukup mengerti kan tetang mode dial? Produsen menciptakan berbagai fitur di kamera, kita membeli kamera DSLR bukan hanya untuk mode manualnya (kamera pocket jaman sekarang pun ada mode manualnya) jangan lupa baca buku manual dan manfaatkan semua fitur yang ada dikamera.kalo ada yang bilang : nggak pake mode manual = cupu? yang ngomong kayak gitu mending kelaut aja deh,hahahaha

Terima kasih sudah membaca, tulisan diatas merupakan apa yang saya pahami, kalo ada salah mohon dikoreksi. kritik dan saran silahkan lempar dikomentar, saya tunggu lho untuk membuat blog ini lebih baik kedepannya


Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 comments:

Posting Komentar