sambil nunggu inspirasi buat artikel selanjutnya saya berinisiatif membuat artikel tentang photography A-Z, tentunya ala saya sendiri,hahaha. tujuannya jelas untuk menambah pengtahuan tentang fotografi, yuk diintip



[A] FOR APERTURE

Aperture sendiri merupakan penada bukaan lensa, tiap lensa memiliki bukaan aperture berbeda, biasanya ditandai dengan 1: atau f/. pengaruh dari aperture sendiri adalah tebal/tipisnya Depth of field

[B] FOR BULB
ketika memilih bulb pada shutterspeed maka rana akan terbuka selama kita menekan tombol shutter, biasa digunakan untuk foto-foto startrails atau yang membutuhkan exposure yang lama.

[C] FOR CANON

awalnya bernama Kwanon, foundernya bernama Goro yoshida, bersama dengan Saburo Uchida dan takeo maeda mereka mendirikan Presicion Optical Instrument laboratory membuat kamera range finder 35mm yang dinamai "Leica model II",karena merasa belum mampu menciptakan optik dengan kualitas bagus, mereka bekerja sama dengan Nippon Kogaku Kogyo (sekarang bernama Nikon Corp)lalu menghasilkan sebuah kamera dengan nama "Hansa Canon"

[D] FOR DoF
DoF atau Depth of Field adalah ruang tajam dari sebuah foto ada 4 hal yang memperngaruhi lebar dan sempitnya ruang tajam yaitu bukaan aperture, focal lensa, jarak antar objek dengan kamera dan besar kecilnya sensor

[E] FOR EXPOSURE

Exposure sendiri ada seberapa banyak cahaya yang memasuki melalu lensa dan memasukin sensor kamera.

[F] FOR FOCAL LENGHT

focal lenght merupakan panjang rentang lensa, ambil contoh lensa 18-55 artinya rentang focal lensa tersebut adalah 18mm sampai dengan 55mm, semakin kecil angkanya maka semakin lebar imaji yang bisa ditangkap dan semakin besar angkanya maka semakin sempit imaji yang bisa di tangkap, focal lenght juga salah satu faktor yang mempengaruhi tebal/tipis ruang tajam suatu foto, semakin tele maka semakin sempit ruang tajam.

[G] FOR GUIDE BOOK

Guide book/manual book merupakan buku panduan yang pasti disertakan setiap membeli kamera, banyak dilupakan padahal sangat penting, tak kenal maka tak sayang bukan? kenali kamera anda melalui guidebook

[H] FOR HUMIDITY



Humidity atau kelembaban adalah faktor yang sangat penting, sering kita temui lensa berjamur, salah satu faktor penyebabnya merupakan kelembaban yang berlebihan. untuk mengurangi kelembaban yang berlebihan maka gunakan lah drybox dan silica gel dalam menyimpan kamera kita

[I] FOR IMAGINATION
"Imajinasi" kata spongebob,hahaha hal yang sangat penting dalam membuat suatu karya, rajin-rajinlah berimajinasi dan tuangkan ke karya anda.

[J] FOR JPEG

nama "JPEG" sendiri dibuat  Join Photographic  Expert Group, bersifat lossy dimana pada saat proses kompresi ada beberapa data yang hilang.sangat populer karena ukuran filenya yang kecil.

[K] FOR KELVIN

Kelvin merupakan satuan untuk menghitung White balance, untuk daylight normalnya berada di angka 5200-5500K

[L] FOR LEICA

"Leica" yang merupakan  singkatan dari Leitz camera merupakan pelopor kamera mini 35mm, kenapa kamera leica mahal-mahal? tanyakan pada rumput yang bergoyang,hahaha. becanda, selain kualitas gambar yang luar biasa serta built quality yang bagus, sejarahlah yang membuat kamera ini mahal.

[M] FOR MANUAL MODE

jika kita memilih manual mode pada mode dial, maka kita akan diberikan kontrol penuh atas kamera, shutterspeed,ISO,diafragma dll, cocok untuk yang memahami segitiga eksposur.

[N] FOR NIKON

Nikon Corp yang dulunya bernama Nippon Kogaku Kogyo dulunya merupakan manufaktur optik yang fokus dibidang militer, jadi jangan heran ya kenapa lensa nikon bagus-bagus sampai dulu canon (kwanon) menggunakan lensa nikon untuk kamera mereka (hansa canon).

[O] FOR OLYMPUS

Olympus Corporation adalah produsen optik dan produk reprografi didirikan pada 12 Oktober 1919, pada awalnya mengkhususkan diri dalam bisnis mikroskop dan termometer. Seri kamera inovatif pertama dari Olympus adalah The Pen(1959). saat ini olympus fokus ke kamera m43 (micro four third) dengan seri EPM,EPL dan yang paling fenomenal OM-D EM5 dengan bentuk body classic ala olympus OM seris dan kecepatan AF yang luar biasa, diindonesia olympus mengendorse Darwis triadi untuk sarana promosi mereka.


[P] FOR PENTAX

Awalnya perusahaan didirikan dengan nama Asahi Kogaku Goshi Kaisha pada bulan November 1919 oleh Kumao Kajiwara, di sebuah toko di pinggiran Toshima Tokyo dan mulai memproduksi lensa kacamata . Pada tahun 1938 berubah nama menjadi Asahi Optical Co, Ltd, dan  memproduksi kamera / lensa cine. pada masa PDII mereka meproduksi instrumen optik untuk militer, saat ini pentax telah dibeli oleh RICOH dan berubah nama menjadi RICOH-PENTAX, produk inovatif mereka adalah pentax Q yaitu kamera mirrorless dengan ukuran terkecil didunia dan masih banyak lagi.

[Q] FOR QUALITY
Quality atau kualitas dalam sebuah foto adalah penting, harus bagus secara teknis juga secara estetis, untuk mendapatkan foto berkualitas tentu kita harus banyak berlatih.

[R] FOR RAW

RAW merupakan foto "mentah" yang menyimpan semua detail ketika pemotretan, fresh karena belum diolah lagi oleh kamera.

[S] FOR SONY

Awalnya merupakan konica-minolta, lalu dibeli oleh sony dan sekarang sony memiliki 2 flagship yaitu sony alpha dan sony NEX series.


[T] FOR TIMING
Timing sangatlah penting dalam fotografi, dalam fotografi landscape misalnya, kita harus mengetahui timing yang tepat jika tidak mau pulang dengan memori hampa.

[U] FOR ULTRAWIDE

sebuah lensa dikatakan wide ketika memiliki focal lenght dibawah 35mm, lensa ultrawide sendiri biasanya memiliki focal dibawah 18mm , semakin lebar focal lensa maka akan mucul distorsi pada gambar

[V] FOR VALUE

apakah kamera yang bagus harus berhaga mahal? bisa ya bisa tidak tergantung bagaimana dan siapa yang menggunakannya saja.


[W] FOR WHITE BALANCE
Whitebalance sendiri berfungsi untuk menyeimbangkan tempratur cahaya pada saat pemotretan dengan aslinya.


[X] FOR X-RAY

xray juga bagian dari fotografi dimana objek yang diportret akan terlihat tembus pandang, biasa digunakan di bandara atau untuk kebutuhan medis

[Y] FOR YASHICA

Perusahaan ini didirikan pada Mei 1945 sebagai Yashima Seiki Seisakusho di Nagano Prefecture. Pertama kali bertindak sebagai sub-kontraktor untuk perusahaan lain, dan terutama membuat sekering untuk kerang senapan selama bulan-bulan terakhir perang Dunia II.  Setelah perang berakhir, mereka produksi komponen untuk jam atau pembuat peralatan listrik.

[Z] FOR ZEISS


Carl Zeiss AG adalah sebuah perusahaan Jerman yang memproduksi sistem optik, alat ukur industri dan peralatan medis, didirikan di Jena, Jerman pada tahun 1846 oleh Carl Zeiss, Ernst Abbe, dan Otto Schott. Perusahaan ini sekarang terdiri dari dua bagian, yaitu Carl Zeiss AG yang berlokasi diOberkochen bersama dengan beberapa anak perusahaan di Aalen, Göttingen dan München; dan Carl Zeiss GmbH yang berlokasi di Jena. Nama perusahaan ini diambil dari nama pendirinya yaitu Carl Zeiss (1816–1888) yang tak lain adalah seorang ahli kacamata/optik.
Carl Zeiss adalah perusahaan utama dari Zeiss Gruppe, yang merupakan salah satu dari dua divisi besar Carl-Zeiss-Stiftung. Zeiss Gruppe terletak di Heidenheim dan Jena.Divisi lain dari yayasan Carl Zeiss adalah Schott AG dan Jenaer Glaswerk yang memproduksi kaca, dua perusahaan ini terletak di Mainz dan Jena.Carl Zeiss merupakan salah satu perusahaan optik tertua di dunia yang masih beroperasi.


sumber external :http://www.asiabarufoto.com/main/index.php?option=com_content&view=article&id=61:sejarahcanon&catid=1:artikelhttp://www.chaoshirt.com/2012/08/perjalanan-kisah-olympus-corporation-di-dunia-fotografi/http://en.wikipedia.org/wiki/Pentax

http://camerapedia.wikia.com/wiki/Yashicahttp://www.xrayindonesia.com/article/detail/9/apa-itu-xray

Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 comments:

Posting Komentar